IHS-1
Macro Economy

Transaksi Harian Besar, Bukti Dinamika Pilpres Tak Pasar Modal RI

Finroll.com – Sejumlah pendapat menilai bahwa di tahun politik ini, para investor akan lebih berhati-hati dalam melakukan investasi. Hal itu disebut-sebut, akan berpengaruh secara signifikan pada dinamika di pasar modal.

Namun, Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Inarno Djajadi dengan tegas membantah hal tersebut. Dia, bahkan memastikan bahwa rata-rata nilai transaksi harian (RNTH) saham justru lebih besar saat ini, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

“Tidak terlalu (berpengaruh). RNTH masih Rp10 triliun dibandingkan tahun lalu yang cuma mencapai Rp8,5 triliun,” kata Inarno di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Selasa 2 April 2019.

“Jadi, masih oke. Kalaupun agak slow down sedikit, mungkin karena ada pemilu dan orang akan menunggu. Tetapi, itu wajar,” tambahnya.

Selain memastikan bahwa dinamika RNTH masih akan lebih bagus dari periode yang sama tahun lalu, Inarno pun menjelaskan tentang adanya potensi peningkatan dari RNTH tersebut.

Apalagi, sejak adanya perubahan dalam implementasi penyelesaian transaksi saham dari tiga hari (T+3) menjadi hanya dua hari (T+2), BEI mencatat, adanya peningkatan RNTH dan kenaikan frekuensi transaksi.

“Setelah T2 ada peningkatan, dari RNTH maupun dari frekuensi naik. Tahun lalu, 382 ribu kali. Setelah T+2, frekuensi naik jadi 460 ribu kali,” kata Inarno.

Meski demikian, lanjut Inarno, pihak BEI masih akan memaklumi apabila dalam dinamika menjelang masa pencoblosan nanti, terjadi sejumlah dampak yang turut memengaruhi kinerja pasar keuangan. Walaupun sampai saat ini, ia pun memastikan bahwa tidak ada dampak signifikan.

“Gejala ini dari pemilu saja kemungkinan, dan ini wajar. Tapi dari pilpres yang ada, pengaruhnya tidak terlalu banyak. Bahkan, dari ketiga pemilu tidak ada yang signifikan (pengaruhnya) dari indeks dan frekuensi,” ujarnya.
Artikel Asli

Related posts

Grab Disuntik Dana (Lagi) Sebesar Rp20,56 Triliun!

admin

Dalam Waktu Dekat Pertamina Bakal Kedatangan Dua Kapal Tanker Baru

admin

Ambisi ‘Infrastruktur Presiden Jokowi ‘ & Anjloknya Nilai Rupiah

admin

Leave a Comment

Testosterone undecanoate only cycle Winstrol depot online Anastrozole cycle length Buying oxandrolone online in australia Buy legal fluoxymesterone in australia Buying legal anavar online in australia Buy turinabol pills Buy testogel in uk Buy primobolan in australia Clenbuterol pill
Human chorionic gonadotropin for sale in australia Winstrol buy in usa online Buying halotestin online in australia Injectable anavar for sale online in uk Liquid andriol Nandrolone decanoate buy in australia Nandrolone decanoate for sale in uk Safe arimidex dose Proviron cycles Testosterone cypionate dose