Top 5 News: Akhir Pembicaraan Dagang AS-China, Bursa Global ...
Komoditi

Top 5 News: Akhir Pembicaraan Dagang AS-China, Bursa Global Menghijau

© Reuters.  © Reuters.

Investing.com – Berikut adalah lima hal utama yang perlu Anda ketahui dalam berita pasar keuangan pada hari ini Selasa, 8 Januari:

1. Akhir Pembicaraan Perdagangan Amerika Serikat-China

Selasa menandai hari kedua dan terakhir dalam putaran diskusi perdagangan antara AS-China yang diadakan di Beijing, dengan optimisme pada hasil damai yang mendukung aset risiko global.

“Ada peluang yang sangat baik bahwa kita akan mendapatkan penyelesaian yang masuk akal bahwa China dapat hidup bersama, kita dapat hidup bersama, dan yang membahas semua masalah utama,” Sekretaris Perdagangan Wilbur Ross mengatakan kepada CNBC pada hari Senin.

China menyetujui untuk mengimpor lima tanaman yang dimodifikasi secara genetika (GM) pada hari Selasa, yang menunjukkan niat baik selama hari terakhir pembicaraan perdagangan. AS adalah produsen tanaman transgenik terbesar di dunia.

“Ini adalah niat baik terhadap resolusi masalah perdagangan,” seorang perwakilan China dari asosiasi industri pertanian AS mengatakan kepada Reuters, hari ini.

Washington dan Beijing memiliki waktu hingga 1 Maret untuk membuat kesepakatan, setelah itu Presiden AS Donald Trump berjanji untuk menaikkan tarif menjadi 25%, dari 10%, impor produk China senilai $200 miliar.

“Pembicaraan masih berlangsung dan saya percaya kami akan merilis pembacaan rinci setelah mereka selesai,” Lu Kang, juru bicara Kementerian Luar Negeri China, mengumumkan pada hari Selasa, meskipun tidak ada waktu khusus yang diberikan.

2. ‘Warning’ Samsung, Saham Global Terdukung Ekspektasi Perdagangan

Berharap bahwa AS-China mungkin bergerak lebih dekat untuk mengakhiri pertengkaran perdagangan yang berkepanjangan mereka didukung saham-saham global pada hari ini.

Meskipun optimisme tampaknya berkuasa di antara saham-saham, peringatan tak terduga dari Samsung Electronics Korea Selatan (KS:) membatasi kenaikan. Perusahaan memperkirakan penurunan 29% dalam laba kuartalan sebab lemahnya permintaan untuk chip, mengingatkan pandangan suram minggu lalu dari raksasa teknologi AS Apple (NASDAQ:). Korea Selatan ditutup dengan penurunan 0,6% di tengah perdagangan campuran di Asia.

Saham Eropa mampu melawan berita mengecewakan dan pan-Eropa menguat sekitar 1%

Pasar AS berjangka juga mengarah pada pembukaan bullish. Pada pukul 17.52 WIB, blue-chip naik 142 poin, atau 0,60%, menguat tipis 15 poin, atau 0,59%, sementara diperdagangkan naik 38 poin, atau 0,58%.

3. Trump akan Berbicara tentang “Krisis” Perbatasan

Presiden AS Donald Trump mengumumkan bahwa ia akan memberikan alamat tentang “krisis” di perbatasan selatan dengan Meksiko pada pukul 10.00 WIB.

Pemerintah AS masih ditutup sebagian karena Trump bergulat dengan Kongres atas pendanaan untuk dinding perbatasan. Pembicaraan untuk mendanai pemerintah telah meruntuhkan desakan presiden untuk pendanaan sekitar $5,7 miliar, membuat beberapa instansi pemerintahan ditutup dan sekitar 800.000 pekerja pemerintah cuti atau bekerja tanpa upah.

Semua jaringan televisi utama AS sepakat untuk mengudarakan pidato Trump – mendorong Demokrat, yang mengatakan tembok akan mahal, tidak efisien dan tidak bermoral – untuk mencari waktu yang sama.

4. Dolar Kembali Menguat Jelang Rilis Data Ketenagakerjaan

Dolar AS memulihkan beberapa kerugian sebelumnya setelah AS-China mengakhiri pertemuan perdagangan dua hari dan investor menunggu data lebih lanjut tentang pasar tenaga kerja Amerika.

Data ekonomi utama pada hari Selasa adalah dirilis angka Job Openings and Labor Turnover Survey (JOLTs) untuk bulan November.

Laporan akan dirilis pada pukul 22.00 WIB.

Ekonom memperkirakan bahwa melambung menjadi 7,1 juta.

Tetapi jumlahnya dari dua bulan lalu, jadi kemungkinan tidak memiliki dampak besar untuk pasar, terutama setelah kenaikan minggu lalu yang sangat kuat pada bulan Desember, nonfarm payrolls yang dilaporkan Jumat lalu.

5. Harga Minyak Naik sebelum Data Inventaris AS

Harga minyak ditekan lebih tinggi pada hari Selasa, dengan West Texas Intermediate berada di jalurnya untuk kemenangan beruntun terlama sejak 2017, karena investor mengalihkan perhatian mereka ke data mingguan pada inventaris minyak mentah AS.

naik 75 sen, atau 1,55%, menjadi $49,27 pada pukul 19.08 WIB, sementara diperdagangkan naik 98 sen, atau 1,71%, menjadi $58,31.

Sentimen beli didukung oleh optimisme bahwa AS dan China dapat membuat kemajuan dalam negosiasi perdagangan mereka sementara berharap bahwa pengurangan produksi dari OPEC + akan membantu menyeimbangkan kembali pasar.

akan keluar pada pukul 04.30 WIB, yang akan diikuti pada hari Rabu oleh . Analis memperkirakan hasil imbang 3,3 juta barel.

Baca lebih lanjut: – Barani Krishnan

— Reuters berkontribusi pada laporan ini

Leave a Comment

Ryquell Armstead Womens Jersey