Investasi Stock Market

Telkom (TLKM) melanjutkan reprofiling utang

ILUSTRASI. Logo PT Telekomunikasi Indonesia

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) akan melanjutkan strategi reprofiling struktur utang pada 2019. Telkom menerapkan strategi ini untuk mengantisipasi tren kenaikan suku bunga beberapa tahun ke depan. 

Andi Setiawan, VP Investor Relations TLKM dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (2/11) mengungkapkan, saat ini indikator-indikator kondisi keuangan TLKM masih dalam keadaan yang sangat solid. Tapi, reprofiling utang ini perlu untuk antisipasi beban di masa mendatang.

“Yaitu memperbaiki profil utang dengan mengubah sebagian porsi utang berbunga floating menjadi berbunga tetap. Adapun tujuan utama dari upaya ini adalah penghematan beban bunga,” kata Andi dalam keterbukaan informasi.

Adapun beberapa strategi yang dilakukan terkait hal tersebut yaitu dengan negosiasi ulang dengan mitra perbankan atas jenis bunga pinjaman dari bunga floating menjadi pinjaman bunga tetap. Lalu kedua, menerbitkan instrumen utang berbunga tetap melalui penerbitan medium term notes (MTN).

TLKM telah menerbitkan MTN I Telkom tahun 2018 pada 4 September dengan nilai pokok Rp 758 miliar dan MTN Syariah Ijarah I Telkom 2018 dengan sisa imbalan ijarah Rp 742 miliar yang diterbitkan masing-masing setara 7,25%, 8,0% dan 8,35%. “Pada prinsipnya, TLKM menilai positif strategi reprofiling utang ini dan membuka diri untuk melanjutkan strategi ini di tahun-tahun yang akan datang,” kata Andi.

Sekadar informasi, total liabilitas TLKM hingga akhir September lalu mecapai Rp 98,61 triliun. Total kewajiban ini naik 14,20% jika dibandingkan dengan akhir Desember 2017.

Telkom memiliki utang bank jangka pendek Rp 4,4 triliun dan pinjaman jangka panjang yang jatuh tempo dalam satu tahun Rp 7,24 triliun. Pinjaman jangka panjang TLKM mencapai Rp 35,04 triliun.

Reporter: Willem Kurniawan
Editor: Wahyu Rahmawati

Reporter: Willem Kurniawan
Editor: Wahyu Rahmawati

Related posts

Harga saham melonjak 334%, saham Siwani Makmur (SIMA) kena suspensi

kontan.co.id

Kapuas Prima Coal (ZINC) akan terbitkan obligasi Rp 600 miliar dengan rating BBB

kontan.co.id

IHSG ditutup menguat 0,36% ke 6.525 di akhir perdagangan Jumat

kontan.co.id

Leave a Comment

Testosterone undecanoate only cycle Winstrol depot online Anastrozole cycle length Buying oxandrolone online in australia Buy legal fluoxymesterone in australia Buying legal anavar online in australia Buy turinabol pills Buy testogel in uk Buy primobolan in australia Clenbuterol pill
Human chorionic gonadotropin for sale in australia Winstrol buy in usa online Buying halotestin online in australia Injectable anavar for sale online in uk Liquid andriol Nandrolone decanoate buy in australia Nandrolone decanoate for sale in uk Safe arimidex dose Proviron cycles Testosterone cypionate dose