Rupiah melemah tipis ke Rp 14.024 per dolar AS pada Selasa (30/7) pagi
Investasi

Rupiah melemah tipis ke Rp 14.024 per dolar AS pada Selasa (30/7) pagi

FINANCEROLL – JAKARTA. Pelemahan nilai tukar rupiah belum mampu terbendung. Selasa (30/7) pukul 8,05 WIB, rupiah spot melemah 0,03% ke Rp 14.024 per dolar Amerika Serikat (AS).

Rupiah masih bertahan di atas level Rp 14.000 per dolar AS dalam tiga hari perdagangan sejak Jumat lalu. Pelemahan tipis rupiah hari ini terjadi beriringan hanya dengan yen dan dolar Singapura yang masing-masing melemah 0,05% dan 0,01%.

Baca Juga: Sofyan Basir: Saya punya pendapatan terbesar di seluruh BUMN

Mayoritas mata uang kawasan Asia pagi ini menguat tipis terhadap the greenback. Pergerakan mata uang cenderung tipis-tipis menjelang rapat Federal Reserve yang dimulai nanti malam.

Sementara indeks dolar yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama dunia masih melaju di hari kedelapan berturut-turut. Posisi indeks dolar berada di atas 98 dalam tiga hari perdagangan terakhir. Indeks dolar pun mencapai level tertinggi sejak 31 Mei 2019.

Baca Juga: Proyeksi Rupiah: Masih Berpotensi Terkoreksi

Hari ini, Bank of Japan juga menggelar pertemuan. BoJ diperkirakan akan mempertahankan kebijakan moneter. Tapi, sejumlah investor mengatakan ada kemungkinan BoJ sedikit mengubah pandangan untuk memastikan bahwa suku bunga akan tetap rendah.

“BoJ tidak memiliki pengaruh besar pada pasar uang, karena hanya memiliki opsi kebijakan yang terbatas,” kata Junichi Ishikawa, senior foreign exchange strategistIG Securities kepada Reuters.

Alhasil, fokus pasar akan tetap tertuju pada The Fed hingga hasil rapat esok.
Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Editor: Wahyu Rahmawati Video Pilihan
Reporter: Wahyu Tri Rahmawati
Editor: Wahyu Rahmawati
Artikel Asli

Related posts

Utang cukai emiten rokok merangkak naik, begini rekomendasi dari analis

kontan.co.id

ADPI: Idealnya 35% dana kelolaan dana pensiun masuk ke saham

kontan.co.id

Selisih kupon dengan bunga deposito tipis, kelebihan permintaan ST-003 tak besar

kontan.co.id

Leave a Comment