PT Bukit Asam Ubah Batu Bara Menjadi Gas Melalui Joint Ventu...
Komoditi

PT Bukit Asam Ubah Batu Bara Menjadi Gas Melalui Joint Venture

Keterangan foto : Ilustrasi tambang batubara

 

Finroll.com – PT Bukit Asam Tbk (PTBA) bersama beberapa perusahaan sedang mengkaji pembentukan perusahaan patungan atau joint venture (JV). Hal ini dilakukan guna mengembangkan produk hilir batu bara.

 

Dalam pembentukan perusahaan patungan ini ditargetkan akan terbentuk tahun ini. Direktur Utama PTBA, Arviyan Arifin, mengatakan bahwa saat ini pembentukan perusahaan JV sedang dikaji.

 

“Kita segera mau bikin JV company dengan investor untuk mengembangkan gasifikasi di Peranap sama di Tanjung Enim. Sekarang lagi dalam proses FS finalisasi. Kalau sudah final kita bikin JV-nya,” ujar Arviyan, pada waktu yang lalu.

 

PTBA akan membentuk perusahaan patungan dengan 3 perusahaan lainnya yakni PT Pertamina (Persero), PT Pupuk Indonesia (Persero), PT Chandra Asri Petrochemical. Perusahaan patungan tersebut akan dibentuk di Tanjung Enim.

 

Perusahaan ini nantinya akan memproduksi sejumlah produk, antara lain dimethyl ether (DME) yang merupakan produk gasifikasi batu bara dan bisa dijadikan substitusi LPG. Serta akan memproduksi pupuk dan polypropylene.

 

“Di Tanjung Enim itu termasuk untuk pupuk, DME, polypropylene, 4 produk,” ujarnya.

 

Sedangkan di Peranap, PTBA menggandeng Air Product dan Pertamina. Perusahaan ini akan memproduksi DME.

 

Mengenai porsi kepemilikan perusahaan patungan masih dalam tahap perundingan.

 

“Ini lagi runding-runding. Kita pengin mayoritas, dia ingin mayoritas. Nah kita cari titik tengahnya,” tutup Arviyan.

 

Sementara PT.Bukit Asam juga hadir dalam Coaltrans Asia 2019. Tahun ini Indonesia menjadi tuan rumah konferensi batubara se-Asia atau Coal Trans Asia 2019. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral ?(ESDM) Bambang Gatot Ariyono.

 

Dalam kesempatan ini Bukit Asam mengenalkan kegiatan perusahaan, produk batubara, hingga rencana pengembangan perusahaan.

 

Saat ini Coaltrans Asia 2019 telah diselenggarakan di Bali International Convention Center, The Westin Nusa Dua dari Minggu (23/6) hingga Selasa (25/6).(red)
Artikel Asli

Leave a Comment

Ryquell Armstead Womens Jersey