Connect with us


Investasi

Perluas jaringan, KSEI tambah jumlah bank pembayaran dan administrator RDN

Published

on

Perluas jaringan, KSEI tambah jumlah bank pembayaran dan administrator RDN

FINANCEROLL –  JAKARTA. PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) resmi menambah jumlah bank administrator rekening dana nasabah (RDN) untuk periode 2019-2024. Jumlah bank administrator RDN yang pada periode sebelumnya berjumlah 14 bank, kini meningkat menjadi 16 bank. Meski begitu beberapa pemain lama masih tampak pada deretan daftar tersebut.

Direktur KSEI Urip Budhi Prasetyo menyebut, kerjasama ini tak begitu saja terjadi. Ia menyebut untuk bisa bekerjasama dengan bank RDN, pihaknya harus menyeleksi terlebih beberapa perbankan terlebih dahulu. “Prosesnya sudah dimulai sejak bulan Oktober tahun 2018 hingga akhirnya sampai hari ini memasuki penandatanganan,” kata Urip, Jumat (12/7).
Baca Juga Rekor Baru, Kepemilikan Asing di SBN Tembus Rp 1.000 Triliun Pertumbuhan DPK valas perbankan melambat di kuartal II 2019 Bank besar siapkan rekening khusus penampung DHE sumber daya alam Bisnis cash management bank terus tumbuh hingga semester I 2019

Urip berharap bahwa semakin banyak dan beragamnya bank administrator RDN bisa memudahkan investor untuk melakukan investasi di pasar modal. “Investor memiliki beberapa pilihan perbankan untuk pembukaan rekening RDN. Penambahan itu menjadi salah satu upaya kami agar cakupan pasar modal semakin luas,” ujarnya.

Urip menambahkan, pada periode 2019-2024 ini ada yang berbeda dari fungsi pembayaran. Ia bilang saat ini KSEI akan segera menerapkan sistem full central bank moneydalam kurs rupiah. Sedangkan untuk transaksi dalam valuta asing, KSEI hanya menunjuk CIMB Niaga.

Kerjasama antara KSEI dengan bank pembayaran sudah dijalin sejak tahun 2000, dimana pada saat itu proses perdagangan efek masih menerapkan sistem scripless trading. Kerjasama itu dilakukan untuk menggenapi persyaratan penempatan posisi dana pada rekening khusus di bank. 

“Ini berbeda karena dulu sempat antara rekening nasabah dan rekening KSEI masih jadi satu,” kata Urip.

Pada tahun 2011, KSE menambah kerjasama dengan perbankan dari tiga bank menjadi lima bank. “Pertumbuhannya signifikan. Dari yang dulu di tahun 2000 transaksinya Rp 730 miliar per hari kini sudah meningkat hingga Rp 6 triliun per hari,” kata Urip.

Untuk periode ini, KSEI menunjuk sembilan bank sebagai bank pembayaran sekaligus bank administrator RDN. Kesembilan bank tersebut adalah Bank Central Asia, Bank CIMB Niaga, Bank KEB Hana Indonesia, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, Bank Panin Indonesia, Bank Permata, Bank Rakyat Indonesia dan Bank Sinarmas.

Sedangkan untuk pihak yang berperan khusus sebagai bank admistrator, KSEI menunjuk tujuh bank. Administrator RDN periode tersebut adalah Bank Mayapada, Bank Nationalnobu, Bank OCBC NISP, dan Bank Tabungan Negara. 

Sedangkan tiga sisanya adalah bank syariah yaitu Bank BCA Syariah, Bank BNI Syariah, dan Bank Mandiri Syariah.
Reporter: Aloysius Brama
Editor: Herlina Kartika Reporter: Aloysius Brama
Editor: Herlina Kartika Video Pilihan
Artikel Asli

Investasi

Harga emas kembali turun 0,02% di level US$ 1.430,66 per ons troi (Pukul 14.35 WIB)

Published

on

Harga emas kembali turun 0,02% di level US$ 1.430,66 per ons troi (Pukul 14.35 WIB)

FINANCEROLL -JAKARTA. Harga emas kembali turun tipis. Berdasarkan data Bloomberg, Rabu (31/7) pukul 14.35 WIB, harga emas spot berada di US$ 1.430,66 per ons troi.

Harga emas ini 0,02% jika dibandingkan dengan hari sebelumnya US$ 1.430,88 per ons troi. Sedangkan, harga emas berjangka pengiriman Desember 2019 di Commodity Exchange malah naik 0,08% ke level US$ 1.443,00 per ons troi dibandingkan dengan kemarin US$ 1.441,80 per ons troi.

Baca Juga: Harga emas akhirnya naik 0,02% di level US$ 1.431,11 per ons troi (Pukul 13.14 WIB)

Bloombergmelaporkan, harga emas masih akan mengalami reli dan bisa jadi menuju kenaikan di level tertinggi karena bank sentral menandatangani kebijakan moneter.

Reserve Federaldiperkirakan akan memangkas suku bunga AS sebesar seperempat persentase poin pada hari Rabu.

Analis dan pedagang emas sedang mencari penegasan dari Ketua The Fed, Jerome Powell bahwa pengurangan suku bunga bisa menaikkan harga emas, meskipun memang harga logam mulia mungkin telah maju dengan sendirinya.

Baca Juga: Harga emas akhirnya naik 0,02% di level US$ 1.431,11 per ons troi (Pukul 13.14 WIB)

“Pasar dapat dengan mudah menarik kembali setelah pemotongan tanpa reli emas secara keseluruhan diubah, dan itu sangat mungkin, kata James Steel, Kepala Analis Logam mulia di HSBC Securities (USA) Inc kepadaBloomberg, Rabu (31/7).

Masalah perdagangan antara AS-China masih akan memengaruhi volatilitas pasar keuangan, yang kemungkinan akan membantu emas pada pembelian safe-haven.
Reporter: Azis Husaini
Editor: Azis Husaini Video Pilihan
Reporter: Azis Husaini
Editor: Azis Husaini
Artikel Asli

Continue Reading

Investasi

Rupiah masih menguat 0,08% di level Rp 14.017 per dolar AS (Pukul 14.05 WIB)

Published

on

FINANCEROLL -JAKARTA. Rupiah masih terus menguat terhadap dolar AS. Dari dataBloomberg Rabu (31/7) Pukul 14.05 WIB rupiah berada pada level Rp 14.017 per dolar Amerika Serikat (AS), menguat 0,08% dibandingkan dengan sehari sebelumnya yang berada di level Rp 14.028 per dolar AS.

Sedangkan di JISDOR rupiah di level Rp 14.026 per dolar AS atau menguat 0,06% dibandingkan penutupan kemarin Rp 14.034 per dolar AS.

Baca Juga: Rupiah menguat 0,11% di level Rp 14.012 per dolar AS (Pukul 13.08)

Ekonom BCA David Sumual mengatakan, rupiah menguat karena semakin dekat dengan hari dimana The Fed akan mengumumkan tingkat suku bunganya dan juga masih ada pengaruh terkait data PMA yang dirllis.

Selain itu, David juga mengatakan bahwa rupiah dipengaruhi oleh data indeks kepercayaan konsumen dari AS.

Reporter: Adrianus Octaviano, Azis Husaini
Editor: Azis Husaini Video Pilihan
Reporter: Adrianus Octaviano, Azis Husaini
Editor: Azis Husaini
Artikel Asli

Continue Reading

Investasi

Rupiah menguat 0,11% di level Rp 14.012 per dolar AS (Pukul 13.08)

Published

on

FINANCEROLL -JAKARTA. Rupiah siang ini menguat terhadap dolar AS. Dari data Bloomberg Rabu (31/7) Pukul 13.08 WIB rupiah berada pada level Rp 14.012 per dolar Amerika Serikat (AS), menguat 0,11% dibandingkan dengan sehari sebelumnya yang berada di level Rp 14.028 per dolar AS.

Sedangkan di JISDOR rupiah di level Rp 14.026 per dolar AS atau menguat 0,06% dibandingkan penutupan kemarin Rp 14.034 per dolar AS.

Baca Juga: Rupiah terus menguat 0,12% di level Rp 14.011 per dolar AS

Rupiah menjadi salah satu dari tiga mata uang lainnya di Asia yakni yuan China yang menguat 0,12% dan pesso Filipina yang menguat 0,12%.

Sedangkan mayoritas mata uang regional melemah terhadap dolar AS pagi ini. Mata uang regional dengan pelemahan terdalam terhadap dolar AS pagi ini adlaah rupee India yang melemah 0,18%, dolar Singapura melemah 0,05%, dolar Taiwan melemah 0,04%, yen Jepang melemah 0,03%.

Sementara itu, indeks dolar yang mencerminkan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama lainnya pagi ini ada di 98,07, menguat tipis dari sehari sebelumnya yang ada di 98,05.
Reporter: Azis Husaini
Editor: Azis Husaini Video Pilihan
Reporter: Azis Husaini
Editor: Azis Husaini
Artikel Asli

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.