Donal Trump Vs Xin Ping
Ekonomi Global

Tensi Perang Dagang Bakal Jadi Fokus Pertemuan G20

JAKARTA – Perekonomian dunia diperkirakan terus bertumbuh tahun ini meskipun peringatan dampak negatif dari perang dagang semakin meluas.

Dua hal tersebut pun akan menjadi perhatian para menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara kelompok 20 (G20) ketika berkumpul di Buenos Aires, Argentina, pada akhir pekan ini.

Pertemuan G20 kali ini merupakan yang pertama kalinya sejak Presiden AS Donald Trump mengenakan tarif kepada China dan Uni Eropa (UE) pada bulan lalu. Sejauh ini, tarif tersebut telah memicu tarif balasan dari mitra dagang terbesar Negeri Paman Sam tersebut.

Para pemimpin keuangan dan bisnis dari negara G20 pun terus menghitung dampak dari kebijakan proteksionisme dagang yang diterapkan Trump.

Pada awal pekan ini, Gubernur The Fed Jerome Powell menyatakan hambatan dagang dapat mengancam produktivitas dan mengganggu tingkat upah. Sementara itu, Dirut BlackRock Inc. Larry Fink memperingatkan intensitas tensi dagang dapat menjatuhkan sentimen pasar.

“Pertumbuhan global sudah mencapai puncaknya dan segera berbalik [turun]. Di saat yang sama, eskalasi perang dagang AS-China mulai merusak sentimen bisnis dan investasi,” ujar Chua Hak Bin, Ekonom Senior di Maybank Kim Eng Research Pte., Singapura, seperti dilansir Bloomberg, Kamis (19/7/2018).

Namun, ancaman perang dagang itu tampak belum akan mengganggu pertumbuhan global tahun ini. Seperti yang diperkirakan oleh Dana Moneter Internasional (IMF) di dalam World Economic Outlook (WEO) Juli 2018, perekonomian dunia masih akan tumbuh ke level 3,9% pada 2018.

Pasar juga masih belum terlalu bereaksi terhadap ancaman tensi perdagangan yang dapat merusak pertumbuhan global. Indeks S&P 500 telah naik 5,3% tahun ini dan Indeks STOXX Europe 600 hanya turun 0,5%.

Baca Juga : Rapat Kabinet Bahas Nasib Indonesia dalam Perang Dagang

Sementara itu, indeks saham negara berkembang MSCI melemah 7,6% pada 2018 setelah melonjak hingga 35% pada tahun lalu.

Di sisi lain, pebisnis mengaku kesulitan untuk mengabaikan tensi dagang yang mengakibatkan aksi saling balas tarif impor. Pembuat kebijakan di bank sentral AS menyatakan telah banyak mendengar keluhan dari pelaku bisnis terkait tarif.

“Pebisnis menjadi semakin tidak puas. Trump peduli dengan bisnis dan pasar modal, oleh karena itu semoga dia bisa sedikit melunakkan retorika,” kata Nick Wall, Pengelola Portofolio di Old Mutual Global Investors. (BISNIS.COM)

Related posts

Merasa Diperlakukan Buruk, Trump Ancam WTO

admin

Rupiah Nyaris Rp15 Ribu per Dolar AS Pagi Ini

admin

Bursa Eropa Dibuka Melemah Respons Krisis Negara Berkembang

admin

Leave a Comment

Testosterone undecanoate only cycle Winstrol depot online Anastrozole cycle length Buying oxandrolone online in australia Buy legal fluoxymesterone in australia Buying legal anavar online in australia Buy turinabol pills Buy testogel in uk Buy primobolan in australia Clenbuterol pill
Human chorionic gonadotropin for sale in australia Winstrol buy in usa online Buying halotestin online in australia Injectable anavar for sale online in uk Liquid andriol Nandrolone decanoate buy in australia Nandrolone decanoate for sale in uk Safe arimidex dose Proviron cycles Testosterone cypionate dose