Connect with us


Holtikultura

Pemerintah Impor 500.000 Ton Beras Lagi

Published

on

Pemerintah memutuskan untuk kembali membuka keran impor beras sebanyak 500.000 ton untuk periode hingga akhir Juli 2018.

Artinya total kuota impor beras yang dikucurkan pemerintah mencapai 1 juta ton karena sebelumnya Kementerian Perdagangan sudah lebih dahulu melakukan impor beras sebanyak 500.000 ton untuk periode Februari hingga April.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebut alasan penambahan kuota impor karena masih adanya perbedaan data stok antara Kementerian satu dengan yang lainya. Dari sisi Kementerian Perdagangan menyebut jika stok yang dimiliki oleh Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) sudah menipis.

Dengan data tersebut, harus diambil tindakan yakni dengan melakukan impor. Karena jika dibiarkan, akan menimbulkan gejolak kenaikan harga. Sementara data dari Kementerian Pertanian, menyebut stok khususnya beras lebih dari cukup. Khusus beras, stok yang tersedia bahkan di atas 20%.

“Persoalannya sebetulnya datanya sendiri itu masih ada perbedaan antara satu instansi dengan yang lain. Padahal sudah sama-sama pakai peta digital tapi tetap ada perbedaan,” ujarnya saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator bidang Perekonomian, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Selain tidak sinkronnya data, Darmin juga menyebut ada pergeseran panen raya, sehingga membuat pemerintah akhirnya menambah impor beras 500.000 ton lagi. Adanya pergeseran itu membuat upaya Bulog untuk menyerap beras petani terhambat. Karena harga gabah yang dijual petani tentunya semakin mahal.

“Nah, tahun lalu itu di Maret, kalau tahun sebelumnya di April. Tahun ini, sebagian di Maret sebagian di April. Artinya, ada perubahan-perubahan di dalam pola tanam dan itu membuat produksinya berubah dia tidak mengikuti kurva yang biasa,” kata Darmin.

Padahal pemerintah menargetkan Bulog bisa menyerap beras dari petani sebesar 2,2 juta ton hingga Juni 2018. Ironisnya hingga Mei 2018, Bulog hanya mampu menyerap beras sebanyak 800.000 ton.

“Coba aja tanya berapa stok Bulog sekarang. ditambah impor, mungkin hanya 1,3 juta ton. Dikurangi impor berapa mungkin 800.000 ton. Biasanya dan tugas yang tadinya kita harapkan bisa dicapai sampai Juni, itu pembelian Bulog 2,2 juta ton sampai Mei ternyata hanya 800.000 ton. Terus kamu mau apa dengan angka-angka itu?,” jelasnya.

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Holtikultura

Kementan Targetkan Ekspor 15 Ribu Ton Bawang Merah

Published

on

By

FINROLL

FINANCEROLL, Jakarta – Kementerian Pertanian (Kementan) intensif mendorong realisasi ekspor berbagai komoditas antara lain kelapa sawit, jagung, buah-buahan, bawang merah dan produk pertanian lainnya.

Khusus bawang merah, pada 2018 ditargetkan ekspor 15 ribu ton, naik dua kali lipat tahun 2017 lalu.

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Ditjen Hortikultura Kementan, Prihasto Setyanto mengatakan, untuk memacu ekspor komoditas pertanian, perlu diperkuat jejaring kerja dan sinergi antara petani, pemerintah dan eksportir.

Dia menuturkan, Kementerian Pertanian akan terus mendorong ekspor bawang merah terutama pada bulan-bulan puncak panen yaitu Juli hingga September.

“Ekspor bawang merah terus kita dorong karena terbukti memberikan banyak multiplier effect positif, di antaranya petani menjadi lebih semangat menanam, harga terjaga stabil, perbaikan mutu produksi dan sebagainya,” ujar Prihasto dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/8/2018).

Sejak 2016, Pemerintah telah menyetop total impor bawang merah jenis shallot dan melakukan terobosan gemilang dengan menggenjot ekspor ke beberapa negara tetangga.

Sebelumnya 2014, Indonesia masih impor bawang merah hingga 74.903 ton dan 2015 impor menurun drastis menjadi 17.428 ton

SUMBER : LIPUTAN6.COM

Continue Reading

Holtikultura

Harga Bawang Dan Cabai Masih Stabil

Published

on

By

bawang merah2

Harga bahan pangan pokok komoditas hortikultura khususnya aneka cabai dan bawang selama bulan suci ramadhan tahun ini dipastikan stabil.

Sepekan menjelang Lebaran, sejumlah harga kebutuhan pokok di pasar masih berada di atas harga acuan pemerintah. (more…)

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.