Connect with us


Logam Mulia

Pasar Investasi Kondusif Pekan Lalu, Harga Emas Antam Turun

Published

on

logam_mulia_financeroll_10

Jakarta, CNBC Indonesia – Harga emas logam mulia acuan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) turun hampir 1% per gram hari ini dari posisi pekan lalu, tepatnya Rp 6.050 (0,98%) menjadi Rp 609.330 per gram dari sebelumnya Rp 615.380 per gram.

Berdasarkan harga Logam Mulia (LM) di gerai Jakarta Gedung Antam di situs logammulia hari ini (17/9//18), harga tiap batang emas Antam ukuran 100 gram turun menjadi Rp 60,93 juta per batang dari harga kemarin Rp 61,53 juta per batang.

Emas Antam kepingan 100 gram lumrah dijadikan acuan transaksi emas secara umum, tidak hanya emas Antam. Harga emas Antam di gerai penjualan lain bisa berbeda.

Di sisi lain, harga beli kembali (buyback) emas Antam hari ini ditetapkan pada Rp 569.000. Harga itu menunjukkan harga beli yang harus dibayar Antam jika pemilik batang emas bersertifikat ingin menjual kembali investasi tersebut. Untuk jenis lain, Antam juga menawarkan emas batik dan emas tematik serta menampilkan harga hariannya di situs yang sama.

Di sisi lain, Antam juga menjual emas batangan dengan dasar ukuran mulai 1 gram hingga 500 gram di berbagai gerai yang tersedia di berbagai kota, dari Medan hingga Makassar. Harga dan ketersediaan emas di tiap gerai bisa berbeda.

Pekan lalu, pasar saham, rupiah, dan obligasi positif. Sebaliknya, kenaikan harga emas ritel akan menunjukkan kecenderungan masyarakat untuk memburu emas ritel ketika kondisi tidak kondusif, sehingga mencerminkan fungsi logam mulia sebagai instrumen yang dinilai lebih aman (safe haven) untuk masyarakat di dalam  negeri. (Fauzan Al Fansuri)

Sumber : cnbcindonesia.com

Continue Reading
Click to comment

You must be logged in to post a comment Login

Leave a Reply

Logam Mulia

Harga Emas Stabil, Perundingan AS-China Beri Harapan

Published

on

Investing.com – Harga emas stabil pada hari Kamis di tengah berita kemungkinan lanjutan perundingan perdagangan antara Amerika Serikat-China tetapi tertahan oleh dolar AS yang lebih kuat.

Comexuntuk penyerahan Desember naik tipis 0,07% menjadi $1,211.70 per troy ons pada pukul 16.08 WIB.

AS mengusulkan pembicaraan perdagangan baru dengan China akhir bulan ini dalam upaya untuk mencegah tarif baru.

Presiden AS Donald Trump telah mengancam menerapkan tarif pada hampir semua impor China, atau sekitar $467 miliar nilai barang, sementara itu China berencana meminta WTO untuk menjatuhkan sanksi kepada AS pada pertemuan minggu depan.

Konflik perdagangan antara AS dan China terus mendorong investor untuk membeli dolar, dan itu menurunkan harga emas karena para pedagang merasa bahwa AS hanya akan menerima dampat sedikit dari kondisi perang dagang. Harga emas telah terjebak dalam kisaran $1.200 selama dua minggu terakhir karena para investor beralih ke greenback yang mempunyai daya tarik yang lebih aman.

Emas biasanya jatuh jika dolar menguat, karena logam kuning berdenominasi dalam mata uang AS dan sensitif terhadap pergerakan dolar. Bullion menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya ketika dolar naik dan lebih murah ketika jatuh.

Investor juga menunggu data harga konsumen di kemudian hari untuk mencari petunjuk tentang kebijakan moneter Federal Reserve. Data itu datang sehari setelah penurunan tak terduga dalam harga produsen. Namun, Fed diperkirakan akan meningkatkan suku bunga pada bulan September.
yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, naik 0,12% menjadi 94,93.

Logam lain sebagian besar beranjak tinggi di Comex. meningkat 0,12% menjadi $14,310 per troy ons. Di antara logam mulia lainnya, meningkat 0,59% ke $804,60 sementara bertambah 0,12% menjadi $966,20 per ons. berjangka melompat 1,12% ke $2,706 per pon.(Fauzan Al Fansuri)

Sumber : Investing.com

Continue Reading

Logam Mulia

Harga Emas Sedikit Menurun setelah Alami Lonjakan Tajam

Published

on

Investing.com – Harga emas sedikit menurun dalam sesi perdagangan pagi di Asia, dan melepas kenaikan tajam yang dicatat selama sesi perdagangan AS semalam.

Comexuntuk penyerahan Desember turun 0,01% ke $1,209.90 per troy ons pukul 10.49 WIB. Pelemahan itu adalah pergerakan rebound kecil dari lonjakan semalam selama perdagangan AS ketika emas berjangka melonjak lebih dari $11.

Emas melonjak ke level tertinggi dua minggu selama sesi perdagangan AS bahkan ditarik mundur dalam potensi pembahasan perdagangan baru antara AS dan China.

Hanya beberapa hari setelah Presiden AS Donald Trump mengancam akan meningkatkan perang dagang dengan memberlakukan tarif barang senilai $200 milyar – sebuah proposal yang telah melalui uji publik – tetapi juga lebih lanjut bagi barang senilai $267 milyar. Tarif tersebut, jika diaktifkan, akan menjadi tambahan untuk tarif yang sudah ada pada barang China senilai $50 miliar dan akan menutupi lebih dari total ekspor China ke AS.

Pada hari Rabu, para pejabat AS mengatakan mereka telah mengirim undangan kepada rekan-rekan di Tiongkok. Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin dilaporkan sedang bekerja untuk bertemu dengan pejabat tinggi China, termasuk Wakil Perdana Menteri Liu He, yang merupakan penasihat ekonomi utama Presiden China Xi Jinping.

juga beringsut ke bawah dan menyerah 0,13% dalam sesi perdagangan pagi di Asia ke $14,275. berjangka untuk penyerahan Desember turun 0,11% menjadi $2,681. (Fauzan Al Fansuri)

Sumber : Investing.com 

Continue Reading

Logam Mulia

Kekhawatiran Dagang Berlanjut, Harga Emas Jatuh

Published

on

Investing.com – Harga emas jatuh pada hari Rabu, setelah dolar AS reli dan ketegangan perdagangan terus mendominasi.

Comexuntuk penyerahan Desember turun 0,17% ke $1,200.10 per troy ons pada pukul 15.54 WIB.Investor mengamati dengan seksama perkembangan perdagangan setelah Presiden AS Donald Trump mengancam pada hari Jumat untuk mengenakan tarif pada hampir semua impor China, atau sekitar $467 miliar nilai barang.

China berencana meminta persetujuan WTO untuk menjatuhkan sanksi kepada AS pada pertemuan minggu depan. Para pejabat China sebelumnya menyatakan akan membalas serangan perdagangan dari Washington.

Konflik perdagangan antara AS dan China terus mendorong investor untuk membeli dolar, dan menurunkan harga emas karena para pedagang merasa bahwa AS sedikit mengalami kerugian dalam situasi perang dagang.

Emas biasanya jatuh akibat dolar naik, dan logam kuning berdenominasi dalam mata uang AS serta sensitif terhadap pergerakan dolar. Bullion menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya ketika dolar naik dan lebih murah ketika jatuh.

Harga emas telah terjebak dalam kisaran $1.200 selama dua minggu terakhir karena para investor beralih ke daya tarik yang aman dari greenback.

Ekspektasi untuk pada bulan September juga membantu mendorong greenback bergerak tinggi. , yang mengukur kekuatan greenback terhadap enam mata uang utama, naik 0,11% menjadi 95,15.

Logam lain sebagian besar beranjak tinggi di Comex, dengan meningkat 0,37% menjadi $14,20 per troy ons. Di antara logam mulia lainnya, bertambah 0,18% menjadi $790,80 sementara turun 0,18% ke $960,10 per ons. berjangka melaju 1,43% ke $2,659 per pon.

Sumber : Investing.com 

Continue Reading

Trending

Copyright © 2017 Zox News Theme. Theme by MVP Themes, powered by WordPress.