Panorama Destination (PDES) targetkan pendapatan naik 17% di...
Investasi

Panorama Destination (PDES) targetkan pendapatan naik 17% di tahun 2019 ini

FINANCEROLL – JAKARTA.PT Destinasi Tirta Nusantara Tbk (PDES) atau Panorama Destination pada akhir tahun 2018 lalu membukukan kenaikan tipis pada sisi pendapatan. Namun dari sisi laba bersih justru masih membukukan penurunan. PDES membukukan pendapatan Rp 514,85 miliar atau naik 1,36% di tahun lalu. Tapi laba bersih masih turun 88,47% ke Rp 3,47 miliar.

Sekretaris Perusahaan PDES AB Sadewa mengatakan, yang menyebabkan kinerja PDES kurang positif di 2018 karena dampak turunnya jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang di-handlesepanjang tahun 2018. 
Baca Juga Ini strategi Mitra Investindo (MITI) mengurangi saldo rugi Rp 170,68 miliar Wijaya Karya (WIKA) tangani pembangunan distrik perniagaan syariah milik pemerintah Ini kata Rajawali Capital soal kesepakatan Eagle High (BWPT) dengan Felda Saham Capri Nusa (CPRI) dan Menteng Heritage (HRME) masuk efek syariah

“Penyebab dari turunnya jumlah wisman karena efek sempat ditutupnya airport Ngurah Rai Bali di Desember 2017 akibat erupsi Gunung Agung memberi persepsi pada wisman untuk menunda dan membatalkan liburan ke Bali. Dan hal ini berlangsung hingga kuartal II 2018” ujarnya dia kepada kontan.co.id, Senin (15/4).

Selanjutnya untuk tahun ini, Sadewa bilang pihaknya mematok target pertumbuhan pendapatan sebesar 17% atau bila dihitung akan mencapai Rp 602,37 miliar di akhir 2019. “Strateginya adalah terus mengamati perkembangan pasar inbound di kawasan-kawasan yang berkembang,” lanjut dia.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan turut serta membantu meningkatkan penerimaan devisa negara di tahun 2019 ini. Adapun di tahun ini Kementerian pariwisata RI menargetkan jumlah kunjungan wisman mencapai 20 juta orang. Di mana pada tahun 2018 mencapai 15,8 juta, tercapai 92,9% dari target 17 juta. 

Sementara untuk penerimaan devisa tahun 2019 ini sebesar US$ 20 miliar atau naik sekitar 17,6% dari penerimaan devisa tahun 2018 yang sebesar US$ 17 miliar.

Untuk mendukung hal ini, Sadewa bilang PDES akan terus aktif bersama Kementerian Pariwisata RI untuk melakukan roadshow, sales visit, trade show, dan menginisiasi sejumlah famtripyang tersebar di nusantara. 

“Ini sebagai salah satu upaya untuk mengembalikan persepsi bahwa Bali dan destinasi lainnya di Indonesia banyak yang menarik,” imbuh dia. Dari berita kontan sebelumnya, PDES sendiri menargetkan kedatangan wisman yang di-handle bisa di atas 150.000 orang.

Sementara soal alokasi belanja modal atau capex di tahun ini, ia bilang belum bisa dipastikan jumlahnya, namun tidak terlalu besar. Rencananya pemakaiannya akan difokuskan pada penambahan dan penguatan sistem IT yang mendukung operasional Perseroan.

“Untuk jumlahnya itu belum bisa kita disclose, masih menunggu RUPS. Selain itu kita juga belum ada rencana untuk mencari dana tambahan,” pungkas dia.
Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi
Editor: Tendi Reporter: Krisantus de Rosari Binsasi
Editor: Tendi Video Pilihan
Artikel Asli

Leave a Comment

Ryquell Armstead Womens Jersey