Musim Kemarau Harga Jagung Domestik Merangkak Naik.
Perdagangan, Perkebunan

Musim Kemarau Harga Jagung Domestik Merangkak Naik.

JAKARATA,FINANCEROLL – Musim kemarau panjang seolah menjadi berkah tersendiri bagi para petani jagung di Indonesia. Akibat panas berkepanjangan, jagung-jagung yang dipanen memiliki kadar air rendah sehingga meningkatkan harga jualnya.

Ketua Asoasiasi Petani Jagung Indonesia (APJI) Sholahuddin menyatakan, selama musim kemarau tersebut kadar air di dalam jagung hanya berkisar 14 hingga 17 persen. “Karena musim kemarau kualitasnya dapat sehingga harganya naik,” kata Sholahuddin di Kompleks Gedung Kementerian Pertanian,¬† Menurut dia, pada semester I tiap tahunnya terdapat produksi jagung sebesar 65 persen dari target. Sementara pada semester II produksinya hanya sebesar 35 persen. “Tahun ini target produksi jagung dalam negeri 30 juta ton.

Per september¬† kemarin sudah mencapai 18 sampai 19 juta ton,” imbuh Sholahuddin. Oleh karenanya, harga jagung selama tiga bulan terakhir dianggap stabil dan ideal untuk industri jagung domestik. Adapun harga jagung saat ini dikatakan Sholahuddin stabil berada di angka Rp 3.600 hingga Rp 3.900 per kilogram.

SUMBER : KONTAN.CO.ID

Leave a Comment