Jelang Akhir Pekan IHSG dan Rupiah Dibuka Melemah
Pasar Saham

Jelang Akhir Pekan IHSG dan Rupiah Dibuka Melemah

Kurs rupiah terus melemah pada akhir perdagangan sebelum libur lebaran, Jumat (8/6) pagi WIB. Hal ini membuat rupiah melemah 0,27% dibandingkan penutupan kemarin.

TIdak hanya rupiah yang melemah, dolar AS pun terus melemah karena euro terus meningkkat secara berturut-turut di sesi keempat.

Kepala ekonom ECB Peter Praet mengatakan pada Rabu (6/6) bahwa bank sentral akan membahas apakah akan melonggarkan pembelian obligasi secara bertahap dalam pertemuan kebijakan 14 Juni mendatang, menurut Reuters.

Kata-katanya diulang oleh beberapa pejabat ECB lainnya. Klaas Knot, presiden bank sentral Belanda, mengatakan tidak ada alasan untuk melanjutkan program pelonggaran kuantitatif. Jens Weidmann, kepala bank sentral Jerman, juga mengatakan bahwa harapan ECB akan mengurangi program pembelian obligasi pada tahun ini adalah masuk akal.

Mata uang bersama naik 0,25% terhadap dolar AS di akhir perdagangan, di jalur untuk membukukan kenaikan mingguan terbesar terhadap dolar AS sejak pertengahan Februari. Indeks dolar AS, yang mengukur greenback terhadap enam mata uang utama, turun 0,22% menjadi 93,408 pada akhir perdagangan.

Selain itu, Indeks Harga Saham Gabungan pun dibuka melemah dengan terkoreksi 0,38% ke level 6.083,33. Sedangkan saham pilihan LQ45 juga dibuka melemah 0,43% ke level 972,282.

Baca Juga: Dolar AS Melemah Jelang Pertemuan The Fed

Leave a Comment