Harga SUN berpotensi turun, berikut seri-seri yang menarik
Investasi, Pasar Modal

Harga SUN berpotensi turun, berikut seri-seri yang menarik

ILUSTRASI. bursa saham; ihsg; bursa efek indonesia

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Harga surat utang negara (SUN), Senin (8/10), berpotensi turun seiring dengan kenaikan imbal hasil US Treasury dan pelemahan rupiah.

I Made Adi Saputra Analis Fixed Income MNC Sekuritas mengatakan, pelemahan nilai tukar rupiah pada hari ini didorong oleh angka cadangan devisa yang kembali menurun.

Bank Indonesia (BI) pada akhir pekan lalu mengungkapkan, cadangan devisa per akhir September 2018 berada di posisi US$ 114,84 miliar. Jumlah ini turun sebesar US$ 3,09 miliar dibandingkan posisi di akhir Agustus 2018.

“Penurunan cadangan devisa tersebut akan berdampak terhadap kemampuan BI untuk menjaga stabilitas nilai tukar rupiah di tengah ancaman berlanjutnya penguatan dollar AS,” kata Made dalam riset, Senin (8/10).

Selain itu, penurunan harga SUN juga dipengarhi oleh agenda rencana lelang SUN yang akan berlangsung, Selasa (9/10).

Secara teknikal Made menganalisis harga SUN mulai menunjukkan adanya sinyal perubahan arah tren pergerakan harga. Tren naik berubah menjadi tren penurunan harga. Sinyal perubahan tren tersebut akan semakin terlihat apabila pada beberapa hari perdagangan SUN kembali mengalami penurunan. “Dalam jangka menengah panjang harga SUN masih bergerak dalam tren penurunan harga,” kata Made.

Dengan peluang terjadinya koreksi harga pada perdagangan hari ini, Made menyarankan investor melakukan strategi trading jangka pendek dengan fokus pada surat berharga dengan tenor pendek dan menengah. Beberapa seri yang dapat dijadikan pilihan, di antaranya ORI013, ORI014, SR009, FR0036, FR0053, FR0061, FR0043, FR0063, dan FR0046.

Sementara, investor dengan horizon investasi jangka panjang dapat mencermati seri FR0068, FR0072, FR0075, FR0057, dan FR0067.

Reporter: Danielisa Putriadita
Editor: Wahyu Rahmawati


Reporter: Danielisa Putriadita
Editor: Wahyu Rahmawati

SURAT UTANG NEGARA (SUN)

Leave a Comment