Harga Minyak Dunia Melesat Hari Ini
Komoditi

Harga Minyak Dunia Melesat Hari Ini

Muncul kekhawatiran bahwa Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) tidak akan memutuskan untuk menaikkan produksinya pada pertemuan bulan ini.

Dilansir dari Reuters, Jumat (8/6), harga minyak mentah berjangka Brent melesat sebesar US$1,96 atau 2,6 persen menjadi US$77,32 per barel. Penguatan juga dialami oleh harga minyak mentah berjangka AS West Texas Intermediate (WTI) sebesar US$1,22 atau 1,88 persen menjadi US$65,95 per barel.

Kenaikan harga WTI dibatasi oleh lonjakan produksi minyak mentah AS. Akibatnya, selisih antara harga Brent dengan WTI semakin melebar mencapai lebih dari US$11 per barel.

Saat ini, terdapat dua harga acuan minyak bumi yang paling banyak digunakan di dunia. Yaitu harga minyak Brent dan WTI (West Texas Intermediate).

Brent (Brent Crude) merupakan sebutan untuk minyak hasil tambang dari Laut Utara (Eropa), dengan nama Brent berasal dari lahan tambang di laut utara, yang dibuka pada tahun 1970.
Harga minyak Brent menjadi dasar pembentukan harga sejak tahun 1971 untuk hampir 40% nilai minyak diseluruh dunia, dan terus digunakan sampai sekarang ini.

WTI (West Texas Intermediate) adalah minyak bumi yang diproduksi di Amerika Utara, dan dalam aplikasinya kebanyakan digunakan untuk produk bensin. Jenis minyak ini lebih ringan dan mudah diolah, sehingga banyak diminati, terutama di AS dan China.

Baca Juga : Harga Emas Berjangka Comex Melemah 0,11%

Leave a Comment