Ekspansi Data Center, Google Investasi Rp 2 T di Chile
Investasi

Ekspansi Data Center, Google Investasi Rp 2 T di Chile

Santiago, CNBC Indonesia – Google akan berinvestasi US$140 juta (Rp 2 triliun) di Chile untuk memperbesar satu-satunya data center atau pusat data milik raksasa teknologi itu di Amerika Latin. Presiden Chile Sebastian Pinera pada hari Rabu (12/9/2018) menyebut investasi ini sebagai bukti partisipasi negara dalam “revolusi industri keempat”.

Ekspansi yang diumumkan oleh Google dan pejabat Chile itu menandai perkembangan tahap kedua pusat data di Quilicura, dekat Santiago yang telah beroperasi penuh sejak 2015. Google juga mengatakan investasi baru akan memperluas tiga kali lipat ukuran data center menjadi 11,2 hektar dan menciptakan lebih dari 1.000 pekerjaan baru dalam proses konstruksi serta menambah 120 personil permanen.

Google sudah mengumumkan rencana pembangunan data center Chile pada sejak 2012, delapan bulan setelah membuka kantor di negara tersebut. Sejak Januari 2017, data center beroperasi sepenuhnya dengan tenaga surya yang dihasilkan dari wilayah Atacama, Chile, kata Google.

Tahap baru ini memperkuat janji Google di wilayah ini yang memastikan bahwa perusahaan besar dan kecil, organisasi nirlaba, mahasiswa, pendidik, dan semua pengguna dapat mengakses alat kunci dengan cara yang dapat cepat dan dapat diandalkan,” kata Frias, dilansir dari Reuters.

Presiden Pinera menunjukkan pentingnya pengembangan ekonomi digital Chile untuk diversifikasi dari ketergantungan negaranya pada tembaga. Dia berjanji Chile akan berada di garis depan dari apa yang disebutnya sebagai “arus sejarah” dalam revolusi teknologi. (Fauzan Al Fansuri )

Sumber : CNBC Indonesia

Leave a Comment