DanaDidik targetkan pinjaman pendidikan ke 5.000 mahasiswa d...
Keuangan

DanaDidik targetkan pinjaman pendidikan ke 5.000 mahasiswa di tahun ini

FINANCEROLL – JAKARTA. PT Pasar Dana Teknologi atau DanaDidik membidik penyaluran pinjaman dana pendidikan kepada 5.000 mahasiswa sepanjang 2019 ini. Co-Founder sekaligus Chief Executive Officer DanaDidik Dipo Satria Ramli menyatakan, per Maret 2019 ini pihaknya sudah menyalurkan 400 pinjaman.

“Rata-rata pinjaman kami di Rp 10 juta hingga Rp 15 juta. Bunga pinjaman DanaDidik ke peminjam atau borrowerantara 0,5% hingga 1,67% per bulan flat. Besaran bunga tergantung risiko kredit,” ujar Dipo kepada Kontan.co.id pada Rabu (27/3).
Baca Juga Koinworks akui ada kendala pemenuhan pendanaan untuk pinjaman pendidikan Prospek bisnis fintech lending multiguna masih cerah

Dipo mengaku masih ada beberapa kendala dalam memacu bisnis peer to peer lendingbidang pendidikan. Terutama soal penentuan bunga pinjaman atau pricing. Dipo menyebut pinjaman pelajar atau student loanmasih terbilang baru di Indonesia. Oleh sebab itu pricingmasih ditentukan oleh pasar.

“Baiknya kami jadi friendly loanagar tidak terlalu memberaktkan mahasiswa. Kendalanya masih terbatas dukungan pemerintah untuk program student loan. Perlu dukungan dan dorongan pemerintah untuk mendorong industri student loan,” tutur Dipo.

Selain itu juga masih ada masalah terkait edukasi. Ia mengaku masih perlu banyak pembelajaran mengenai produk student loandari mahasiswa dan pemberi pinjaman (lender). Dipo bilang, lebih dari 93% lenderDanaDidik adalah institusi dari lembaga keuangan.

“Jadi tidak fokus terhadap retail. Sudah merupakan strategi kami untuk fokus di pendanaan institusi,” imbuh Dipo.
Reporter: Maizal Walfajri
Editor: Komarul Hidayat Reporter: Maizal Walfajri
Editor: Komarul Hidayat Video Pilihan
Artikel Asli

Leave a Comment

Ryquell Armstead Womens Jersey