Makro Ekonomi

BPS : indeks tendensi konsumen di Sumbar menguat

Padang, 9/8 (ANTARA News) – Badan Pusat Statistik (BPS) Sumatera Barat (Sumbar) mencatat indeks tendensi konsumen di daerah itu pada triwulan II 2018 mencapai 120,64 atau menguat dibandingkan triwulan sebelumnya yang hanya 97,48.

“Artinya kondisi ekonomi konsumen di Sumbar naik dan lebih optimistis dari triwulan sebelumnya,” kata Kepala BPS Sumbar Sukardi di Padang, Kamis.

Ia menjelaskan indeks tendensi konsumen adalah indikator perkembangan ekonomi terkini yang dihasilkan BPS melalui survei tendensi konsumen yang menggambarkan kondisi ekonomi konsumen pada triwulan berjalan.

Lebih lanjut ia mengatakan dalam melaksanakan survei dilakukan secara panel antar triwulan untuk memperoleh gambaran yang lebih akurat mengenai perubahan persepsi konsumen antar waktu.

Pelaksanaan survei dilakukan di Kabupaten Agam, Kota Padang, Kota Solok dan Kota Bukittinggi dengan jumlah sampel 28 Blok Sensus, ujar dia.

Ia menyampaikan menguatnya indeks tendensi konsumen disebabkan dua variabel pembentuk yaitu pendapatan rumah tangga yang meningkat dari 90,94 menjadi 120,26 dan variabel konsumsi naik dari 100,49 menjadi 116,87 pada triwulan II 2018.

Ia menambahkan indeks tendensi konsumen triwulan II berada di bawah indeks nasional yaitu 125,43 ?menempati urutan kesembilan dari 10 provinsi lain di Sumatera.

Sementara Indeks Tendensi Konsumen Sumbar pada triwulan III ?2018 diperkirakan turun jadi 92,01 yang bermakna kondisi ekonomi mengalami penurunan dan tingkat optimistis konsumen diperkirakan juga menurun dibandingkan triwulan II 2018.

Menurutnya hal ini terjadi karena pada triwulan III masyarakat tidak seoptimis triwulan II yang kala itu ada penerimaan tunjangan hari raya, serta gaji ke-13 serta ke-14 bagi pegawai negeri sipil.

Baca juga: BI : Ekonomi Sumbar triwulan II akan meningkat

Pewarta:
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Related posts

Fed sebut manufaktur AS hadapi biaya tinggi akibat tarif

antaranews.com

Rupiah menguat didorong keyakinan tercapainya kesepakatan AS-China

antaranews.com

Menkeu: Pemerintah terus godok kebijakan dukung pelaku ekonomi digital

antaranews.com

Leave a Comment

Testosterone undecanoate only cycle Winstrol depot online Anastrozole cycle length Buying oxandrolone online in australia Buy legal fluoxymesterone in australia Buying legal anavar online in australia Buy turinabol pills Buy testogel in uk Buy primobolan in australia Clenbuterol pill
Human chorionic gonadotropin for sale in australia Winstrol buy in usa online Buying halotestin online in australia Injectable anavar for sale online in uk Liquid andriol Nandrolone decanoate buy in australia Nandrolone decanoate for sale in uk Safe arimidex dose Proviron cycles Testosterone cypionate dose