BPK terpilih kembali jadi anggota dewan Asosai
Makro Ekonomi

BPK terpilih kembali jadi anggota dewan Asosai

Jakarta (ANTARA News) – Badan Pemeriksa Keuangan Indonesia terpilih kembali sebagai salah satu anggota Dewan Pemerintahan dalam pemungutan suara Majelis Organisasi Badan Pemeriksa Tertinggi (ASOSAI) dalam pertemuannya yang ke-14 di Hanoi, Sabtu.

“BPK akan menjadi anggota Dewan Pemerintahan untuk periode 2018-2021,”demikian KBRI Hanoi dalam keterangan tertulisnya, yang diterima di Jakarta, Minggu.

BPK maju sebagai calon dalam pemilihan tersebut bersama enam anggota lain, yaitu Bangladesh, Irak, Kuwait, Nepal, Pakistan dan Rusia untuk memperebutkan lima kursi keanggotaan dan terpilih dengan perolehan suara 30 dari 38 suara.

Empat anggota lain, yang terpilih sebagai anggota Dewan Pemerintahan ASOSAI ialah Kuwait, Rusia, Nepal, dan Bangladesh. Adapun lima anggota lain, yaitu Azerbaijan, Yordania, Kazakhstan, Arab Saudia dan Turki, memperebutkan dua kursi untuk menjadi Audit Committee.

Dengan terpilihnya sebagai anggota dewan itu untuk periode 2018-2021, BPK akan melanjutkan perannya dalam mengarahkan keputusan strategis ASOSAI tiga tahun ke depan. Posisi ini juga memberikan peluang yang lebih besar bagi BPK untuk mempromosikan prakarsa BPK dalam berbagai forum internasional.

Duta Besar Indonesia untuk Vietnam Ibnu Hadi turut mengucapkan selamat dan mengapresiasi capaian BPK, yang baru saja dikukuhkan sebagai salah satu anggota Dewan Pemerintahan ASOSAI.

“Terpilihnya kembali BPK RI menunjukan pengakuan atas kontribusi BPK dan komitmen BPK untuk mengembangkan kapasitas pemeriksaan di Asia,” kata dia.

Dalam pertemuan empat hari tersebut, Ketua BPK Prof. Dr. Moermahadi Soerja Djanegara menerima penghargaan ASOSAI Journal Award.

Selain itu, Ketua BPK RI ikut memberikan masukan dan keputusan-keputusan strategis ASOSAI. Beberapa isu yang dibahas dalam pertemuan tersebut meliputi laporan keuangan ASOSAI periode 2015-2017, amandemen Charter dan Rules and Procedures ASOSAI, laporan implementasi Renstra ASOSAI 2016-2021, laporan kegiatan ASOSAI Capacity Development Activities dan beberapa masalah lain.

Sebagai Ketua Kelompok Kerja mengenai Audit Lingkungan, International Organization of Supreme Audit Institutions Working Group (INTOSAI WGEA) memberikan laporan pencapaian kegiatan INTOSAI WGEA sejak 2018. Secara spesifik, dia menghargai prakarsa ASOSAI WGEA dalam melakukan “cooperative audit on water resource management”, sebagai cooperative audit pertama, yang diselenggarakan di ASOSAI.

Baca juga: Ketua BPK minta auditor internal wajib pertahankan integritas

 

Pewarta:
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Leave a Comment