Connect with us

Aset Digital

Berharap Bitcoin Melonjak? Perlu Waktu Beberapa Bulan atau Tahun Pasca Pemecahan

Investor yang mengharapkan akan terjadi lonjakan tiba-tiba pada harga bitcoin mungkin harus menunggu hingga beberapa bulan, atau bahkan mungkin beberapa tahun ke depan setelah menjalani penyesuaian teknikal tiga minggu lalu dengan melakukan pengurangan tingkat pasokan koin baru yang dihasilkan.

Diberitakan Reuters Jumat (05/06) petang, Bitcoin (BitcoinIndonesiaIDR) bergerak dalam kisaran terbatas setelah melaksanakan pemecahan untuk ketiga kalinya pada 11 Mei silam, yang memotong hadiah yang diberikan kepada para “penambang” bitcoin menjadi 6,25 koin baru dari sebelumnya 12,5 koin.

Ada beberapa harapan bahwa bitcoin akan melonjak, serupa dengan apa yang terjadi setelah dua penyesuaian sebelumnya karena “pemecahan” ini efektif menurunkan jumlah pasokan.

Mata uang virtual ini telah naik sebesar 11% sejak penyesuaian itu, tetapi mencatatkan hari penurunan yang lebih banyak ketimbang hari kenaikan dan analis mengatakan momentum teknikal keseluruhan adalah negatif. Sebaliknya, bitcoin telah melonjak lebih dari 40% dari Januari tahun ini hingga peristiwa “pemecahan separuh.”

Untuk jangka panjang, banyak investor mengharapkan adanya lonjakan harga.

Pemecahan separuh pertama pada November 2012 silam, mendorong harga bitcoin dari sekitar $10 menjadi $1.160 dalam waktu selama 12 bulan. Kedua kalinya, pada Juli 2016 lalu, bitcoin melonjak lebih dari 300%, dari $650 menjadi $2.800 dalam rentang waktu yang sama.

Mengutip data Investing.com, koin digital utama Bitcoin (BitfinexUSD) menguat 1,27% ke $9.772,9 sampai pukul 15.11 WIB.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Aset Digital