Begini strategi modal ventura untuk meraup potensi bisnis di...
Keuangan

Begini strategi modal ventura untuk meraup potensi bisnis di Indonesia

FINANCEROLL – JAKARTA. Peluang bisnis modal ventura masih menjanjikan ke depan. Namun harus punya portfolio investasi di banyak startup.

“Harus mencari dan investasi ke startup yang prospektif yang bantu selesaikan issue/peluang yang ada di Indonesia. Kalau Bank Mandiri tidak beli tapi bikin dari baru. Adanya Mandiri Capital karena Bank Mandiri mau mencari startup yang bisa bawa inovasi ke dalam grup,” ujar CEO Mandiri Capital, Eddie Danusaputro, kepada Kontan.co.id, Senin (15/4).
Baca Juga Mandiri Capital Indonesia telah berinvestasi Rp 700 miliar di 10 fintech sejak 2016 Bekraf: Potensi kenaikan start up lebih dari 20% sampai 30% tahun ini Tahun ini Central Capital Ventura akan investasi di enam fintech

Ia juga mengatakan, MCI adalah pionir jadi cukup percaya diri dan tidak perlu bersaing dengan Modal Ventura lainnya.

“Kita tidak ada target namun kita proyeksikan akan investasi di tiga hingga empat statup baru dengan budget yang kita anggarkan sekitar Rp 40 miliar,” kata Eddie.

Sedangkan BRI Ventura, mempunyai lisensi untuk perusahaan perusahaan startup yang sifatnya inkubasi dan fleksible. Oleh karena itu BRI Ventura akan arahkan akuisisi startup yang mendukung bisnis.

“Kita baru beli dari Bahana Ventura akhir tahun lalu, untuk itu kita akan susun ulang pengurusnya dulu, direksi komisarisnya, dan mungkin di semester dua tahun ini baru mulai,” Kata Direktur Keuangan Bank BRI, Haru Koesmahargyo, kepada Kontan.co.id Senin (15/4).

Ia juga menjelaskan akan konsolidasi internal terlebih dahulu karena perusahaannya masih kecil. Sedangkan untuk akuisisi harus mempunyai modal yang besar.

“Sementara kita inject terlebih dahulu, kita masih tata ulang. tapi kita akan ke arah sana,” tutup Haru.

 
Reporter: Ahmad Ghifari
Editor: Herlina Kartika Reporter: Ahmad Ghifari
Editor: Herlina Kartika Video Pilihan
Artikel Asli

Leave a Comment

Ryquell Armstead Womens Jersey