Babak baru pembicaraan AS-China Angkat Bursa Asia
Bursa Dunia

Babak baru pembicaraan AS-China Angkat Bursa Asia

FINANCEROLL – TOKYO. Bursa Asia kembali bangkit pada perdagangan pagi ini, Kamis (13/9) setelah Amerika Serikat (AS) menggelar ronde baru pembicaraan dengan China terkait perang dagang.

MSCI Asia Pasifik di luar Jepang menanjak 0,2% di awal perdagangan, bangkit dari kisaran terendah dalam 14 bulan dalam perdagangan sehari sebelumnya.

Sedangkan Indeks Nikkei menguat 0,8%. Di Bursa Amerik Serikat, Indeks S&P 500 dini hari tadi juga ditutup dengan kenaikan 0,04%, dapat lebih tinggi tapi tertahan pelemahan saham-saham teknologi.

Putaran baru negosiasi AS dan China ini memunculkan harapan redanya perselisihan dagang di dua negara dengan perekonomian terbesar dunia ini. Seorang pejabat AS sebelumnya mengatakan, Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin yang memimpin negosiasi tarif ini mengundang koleganya, Wakil Perdana Menteri China Liu He dalam pertemuan bilateral.

Undangan ini kabarnya dikirimkan setelah lebih dari 85 grup industri di AS merilis koalisi untuk melawan tarif dagang Donald Trump. Saat ini, pemerintahan Trump tengah menyiapkan pemberlakuan tarif baru lebih tinggi pada US$ 200 miliar produk impor China.

Tarif baru ini akan memukul produk impor dari China mulai dari produk teknologi sampai barang konsumer seperti tas hingga furnitur. (HIDAYAT)

Sumber Berita : Kontan.co.id

Leave a Comment