Investasi Stock Market

Ada kemajuan negosiasi Brexit, euro sementara unggul atas Yen

ILUSTRASI. Berbagai mata uang dunia

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Kemajuan yang diperoleh dari perundingan Brexit antara Uni Eropa dan Inggris berdampak positif terhadap posisi euro di hadapan sejumlah mata uang utama dunia lainnya, salah satunya dengan yen Jepang.

Mengutip Bloomberg pada Kamis (1/11) pukul 17.05 WIB, pasangan EUR/JPY menguat 0,63% ke level 128,57.

Analis Monex Investindo Futures, Faisyal mengatakan, euro mendapat sentimen positif dari tercapainya perjanjian Brexit yang melibatkan Inggris dan Uni Eropa. Hal ini seiring kabar yang beredar bahwa perjanjian Brexit akan disepakati pada pertengahan November nanti. “Sentimen ini memperkuat fundamental dari euro,” kata dia, hari ini.

Di samping itu, penguatan euro juga ditopang oleh membaiknya data-data estimasi inflasi sektor konsumer di kawasan Eropa yang dirilis kemarin.

Data CPI Flash Estimate Eropa tercatat naik 2,2% year on year (yoy) pada bulan Oktober atau lebih baik dari bulan sebelumnya yang naik 2,1% (yoy). Adapun data Core CPI Flash Estimate Eropa tumbuh 1,1% pada bulan Oktober alias melampaui pencapaian bulan sebelumnya sebesar 0,9% (yoy).

Membaiknya data inflasi Eropa dapat menjadi bahan pertimbangan European Central Bank (ECB) untuk benar-benar mengakhiri kebijakan pemberian stimulus pada akhir tahun nanti. “Kalau kebijakan ini terwujud, bukan tidak mungkin tahun depan ECB akan menaikan suku bunga acuan,” terang Faisyal.

Sementara itu, Bank of Japan (BoJ) memutuskan untuk mempertahankan tingkat suku bunga acuan di level -0,1% sehingga tidak mempengaruhi pergerakan yen di pasar secara signifikan. Namun, yen menjadi melemah seiring lesunya kabar seputar perang dagang antara AS dan China. Hal ini membuat yen mulai disingkirkan oleh para investor sebagai aset safe haven.

Secara teknikal, pasangan EUR/JPY bergerak di bawah MA50, MA100, dan MA200. Indikator Moving Average Convergence (MACD) berada di level -0,6311 sedangkan RSI di level 44,58. Adapun Stochastic bergerak di level 71,70.

Dari indikator-indikator yang tersedia, Faisyal memperkirakan pasangan EUR/JPY masih berpotensi menguat terbatas sebelum kemudian mengalami koreksi. Ia pun merekomendasikan sell on rally untuk pasangan ini dengan support 127,70 – 126,60 – 125,20 dan resistance 129,30 – 130,20 – 131,15.

Reporter: Dimas Andi
Editor: Sanny Cicilia

Reporter: Dimas Andi
Editor: Sanny Cicilia

Related posts

Daftar 20 saham dengan volume transaksi terbesar di pekan lalu

kontan.co.id

IHSG tergerus pada perdagangan Jumat pagi

kontan.co.id

Rupiah dibuka menguat tipis di awal perdagangan pagi ini

kontan.co.id

Leave a Comment

Testosterone undecanoate only cycle Winstrol depot online Anastrozole cycle length Buying oxandrolone online in australia Buy legal fluoxymesterone in australia Buying legal anavar online in australia Buy turinabol pills Buy testogel in uk Buy primobolan in australia Clenbuterol pill
Human chorionic gonadotropin for sale in australia Winstrol buy in usa online Buying halotestin online in australia Injectable anavar for sale online in uk Liquid andriol Nandrolone decanoate buy in australia Nandrolone decanoate for sale in uk Safe arimidex dose Proviron cycles Testosterone cypionate dose