Connect with us

Kurs

Ada Harapan Ekonomi RI Bangkit, Rupiah Terus Perkasa

Financeroll.com – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) bergerak menguat di perdagangan pasar spot hari ini. Harapan akan pemulihan ekonomi Indonesia membuat rupiah punya tenaga untuk terus menguat

Pada Selasa (1/9/2020), US$ 1 setara dengan Rp 14.530 kala pembukaan pasar spot. Rupiah menguat 0,21% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Kemarin, rupiah menutup perdagangan pasar spot dengan penguatan 0,38% di hadapan dolar AS. Ini membuat rupiah menguat dalam tiga hari perdagangan beruntun. Selama tiga hari itu, penguatan rupiah tercatat 0,75%.

Dari dalam negeri, ada kabar baik yaitu aktivitas manufaktur Indonesia meningkat dan sudah masuk zona ekspansi. IHS Markit melaporkan Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur Indonesia periode Agustus 2020 berada di 50,8. Naik dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 46,9.

Angka PMI manufaktur Indonesia kini berada di titik tertinggi sejak Februari. Artinya, perlahan tetapi pasti ekonomi mulai pulih dan kembali ke level pra-pandemi virus corona (Coronavirus Disease-2019/Covid-19).

“Untuk kali pertama sejak Februari, perusahaan manufaktur Indonesia melaporkan perbaikan kondisi bisnis pada Agustus. Permintaan juga menunjukkan tanda-tanda kebangkitan, membantu mengurangi laju kehilangan pekerjaan. Kepercayaan bisnis meningkat sejak Juli. Oleh karena itu, data terbaru mengisyaratkan bahwa ekonomi akan bangkit lebih kuat setelah jatuh pada triwulan kedua,” sebut Bernard Aw, Kepala Ekonom IHS Markit, seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Oleh karena itu, ada harapan ekonomi Indonesia akan membaik setelah menyentuh titik nadir pada kuartal II-2020 di mana Produk Domestik Bruto (PDB) tumbuh negatif atau terkontraksi 5,32%. Memang ada kemungkinan PDB Tanah Air masih negatif pada kuartal III-2020, yang berarti Indonesia masuk resesi, tetapi sepertinya kontraksi tidak ada sedalam kuartal sebelumnya.

Harapan ini bisa menjadi modal bagi Indonesia untuk menarik lebih banyak lagi arus modal asing. Begitu mereka masuk, percayalah rupiah bakal menguat.

Sumber Berita : CNBCINDONESIA.com

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Kurs