5 Hal Penting dalam Kalender Ekonomi Minggu Ini
Makro Ekonomi

5 Hal Penting dalam Kalender Ekonomi Minggu Ini

Financeroll.com – Retorika politik dapat ‘menggantungkan’ pasar dalam minggu mendatang, setelah investor menunggu pidato tahunan kenegaraan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di hadapan Kongres pada hari Selasa.

Pidato itu muncul ketika Trump mulai memasuki dua tahun kedua masa jabatan pertamanya menghadapi tantangan besar, termasuk penyelidikan yang sudah berjalan lama apakah kampanye presiden 2016-nya berkolusi dengan Rusia, serta penyelidikan oleh Perwakilan partai Demokrat dari kepresidenannya.

Minggu ini juga dibumbui dengan beberapa penampilan dari pejabat Federal Reserve – yang paling penting Ketua Jerome Powell pada hari Rabu – karena investor mencari petunjuk lebih lanjut ke prospek kebijakan moneter dalam beberapa bulan mendatang.

Pekan lalu, The Fed mengisyaratkan bahwa upaya tiga tahun untuk mengetatkan kebijakan moneter hampir berakhir karena meningkatnya tantangan ekonomi.

Di sisi data, para pelaku pasar akan mengawasi survei Institute for Supply Management (ISM) tentang aktivitas sektor jasa untuk mengukur kekuatan ekonomi.

Sementara itu, dalam pendapatan, sekitar 90 perusahaan S&P 500 akan melaporkan hasil keuangan minggu ini, dalam apa yang akan menjadi salah satu gelombang besar terakhir dari musim pendapatan kuartal keempat.

Di tempat lain, Bank of England akan mengadakan pertemuan kebijakan, meskipun tidak ada perubahan yang diharapkan di tengah meningkatnya ketidakpastian atas prospek Inggris keluar dari Uni Eropa pada 29 Maret tanpa kesepakatan.

Investor juga akan mengawasi apa pun perkembangan yang penting di depan perdagangan AS-China, dengan kedua pihak berlomba untuk mencapai kesepakatan sebelum batas waktu 2 Maret.

Menjelang minggu yang akan datang, Investing.com telah menyusun daftar lima peristiwa terbesar dalam kalender ekonomi yang mungkin akan mempengaruhi pasar.

1. Pidato Kenegaraan Presiden Trump di Kongres AS

Presiden Donald Trump akan menyampaikan pidato kongress tahunannya kepada peserta Kongres pada pukul 16.00 WIB hari Selasa.

Trump memberi isyarat pada hari Jumat bahwa pidato itu akan mencakup pernyataan luas tentang perselisihannya dengan Demokrat mengenai pembangunan tembok di sepanjang perbatasan AS-Meksiko, subjek pertempuran sengit yang mendorong 35 hari penutupan pemerintah parsial yang berakhir seminggu yang lalu.

Di balik tembok itu, seorang pejabat senior Gedung Putih mengatakan bahwa Trump akan menguraikan apa yang dia lihat sebagai daerah di mana Partai Republik dan Demokrat mungkin dapat menemukan kesepakatan. Ini termasuk rencana untuk mendanai perbaikan infrastruktur di seluruh negeri, menurunkan biaya obt-obatan dan bekerja untuk menyelesaikan perbedaan lama atas layanan kesehatan.

Kutipan pidato yang dikeluarkan oleh Gedung Putih pada hari Jumat menjelaskan bahwa Trump akan memberikan nada kompromi setidaknya sebagian dari pidatonya.

“Bersama-sama kita dapat memecahkan dekade kebuntuan politik – kita dapat menjembatani perpecahan lama, menyembuhkan luka lama membangun koalisi baru – membentuk solusi baru dan membuka janji luar biasa masa depan Amerika. Keputusan ada di tangan kita,” kata Trump.

Apakah kedua belah pihak siap untuk bekerja sama dengan cara yang signifikan masih jauh dari kata jelas, dengan ketegangan masih tinggi selama pertarungan penutupan dan tenggat waktu lain mendekat pada 15 Februari.

2. Pembicara Fed

Sejumlah pidato Fed akan mendapatkan perhatian pasar dalam minggu ke depan, karena para pedagang mengamati petunjuk lebih lanjut tentang suku bunga.

Agenda teratas akan menjadi sambutan dari Ketua Fed Jerome Powell – yang akan berbicara pada hari Rabu di sebuah pertemuan balai kota untuk para guru – di Washington DC pada pukul 19:00 (waktu setempat).

Pidato dari Ketua Wakil Fed Richard Clarida, Presiden Fed Cleveland Loretta Mester, Presiden Fed St. Louis James Bullard dan Fed Gubernur Randal Quarles juga akan menjadi fokus.

Pekan lalu, bank sentral AS membiarkan suku bunga ditahan dan berjanji untuk bersabar dengan kenaikan suku bunga lebih lanjut. Ia juga mengatakan bisa mengubah laju pengurangan neraca “dalam terang perkembangan ekonomi dan keuangan”.

Pengumuman Fed meninggalkan ekspektasi pasar untuk kenaikan suku bunga tahun ini tergantung pada utas, dan meningkatkan peluang penurunan pada tahun 2020, menurut Investing.com Fed Monitor Monitor Tool.

3. PMI Layanan ISM AS

Sebuah survei ISM pada aktivitas sektor jasa untuk Januari yang dijadwalkan pada pukul 22.00 WIB pada hari Selasa diperkirakan akan turun ke 57.0 dari pembacaan bulan sebelumnya 57,6.

Selain data ISM, kalender ekonomi yang agak ringan minggu ini menampilkan data pesanan pabrik, angka perdagangan, dan klaim pengangguran mingguan.

Data yang dirilis pada hari Jumat menunjukkan bahwa pertumbuhan pekerjaan AS melonjak pada bulan Januari, dengan pengusaha mempekerjakan sebagian besar pekerja dalam 11 bulan. Dengan data utama dari Departemen Perdagangan, termasuk laporan produk domestik bruto kuartal keempat, masih tertunda karena penutupan pemerintah, laporan ketenagakerjaan adalah bukti paling jelas bahwa ekonomi tetap berada di tanah yang kokoh.

4. Pekan Sibuk Laporan Laba Alphabet & Disney

Ada sekitar 90 perusahaan S&P 500 yang melaporkan hasil dalam minggu ke depan, seiring musim pendapatan di Wall Street berlanjut.

Hampir setengah dari perusahaan S&P 500 telah melaporkan untuk kuartal keempat pada Jumat pagi, dengan 71% mengalahkan estimasi pendapatan, sementara 62% mengalahkan estimasi pendapatan.

Alfabet (NASDAQ:GOOGL), Clorox (NYSE:CLX), Sysco (NYSE:SYY), Ilmu Gilead (NASDAQ:{{6365|GILD} }), dan Teknologi Seagate (NASDAQ:STX) ada di agenda hari Senin.

Hasil dari Walt Disney (NYSE:DIS), Snap (NYSE:SNAP), Viacom (NASDAQ:VIAB), Seni Elektronik (NASDAQ:EA), BP (NYSE:BP), Archer-Daniels-Midland (NYSE:ADM), Ralph Lauren (NYSE:RL), Estee Lauder (NYSE:EL), dan Tableau Software (NYSE:DATA) akan menarik perhatian pasar pada hari Selasa.

General Motors (NYSE:GM), Eli Lilly (NYSE:LLY), Spotify (NYSE:SPOT), Chipotle Mexican Grill (NYSE:CMG), Take-Two Interactive (NASDAQ:TTWO), Regeneron (NASDAQ:REGN), Humana (NYSE:HUM), Boston Scientific (NYSE:BSX), Cummins (NYSE:CMI), Trivago (NASDAQ:TRVG), GoPro (NASDAQ:GPRO) , iRobot (NASDAQ:IRBT), Match Group (NASDAQ:MTCH), Zynga (NASDAQ:ZNGA), FireEye (NASDAQ:FEYE ), dan Sonos (NASDAQ:SONO) melaporkan hasil pada hari Rabu.

Kamis melihat Twitter (NYSE:TWTR), Grubhub (NYSE:GRUB), Expedia (NASDAQ:EXPE), Yum! Brands (NYSE:YUM), Dunkin Brands (NASDAQ:DNKN), Philip Morris (NYSE:PM), News Corp (NASDAQ:NWSA), Kellogg (NYSE:K), Mattel (NASDAQ:MAT), Skechers (NYSE:SKX), Tyson Foods (NYSE:TSN), Tapestry (NYSE:TPR), dan World Wrestling Entertainment (NYSE:WWE) memposting penghasilan.

Akhirnya, Arconic (NYSE:ARNC), Cleveland-Cliffs (NYSE:CLF), Phillips 66 (NYSE:PSX), dan Hasbro (NASDAQ:HAS) adalah beberapa dari sedikit yang melaporkan pada hari Jumat.

5. Pengumuman Kebijakan Bank of England

Gubernur Mark Carney dan sesama penentu tingkat bunga diharapkan untuk mempertahankan biaya pinjaman pada 0,75% ketika Bank of England mengumumkan kebijakannya pada pukul 19.00 WIB pada hari Kamis.

Ekonom mengharapkan pemungutan suara 9-0 oleh MPC demi mempertahankan suku bunga tetap.

Perkiraan inflasi baru BoE akan diawasi sebagai tanda apakah pihaknya berpikir investor terlalu santai dengan bertaruh pada tidak ada kenaikan tingkat tindak lanjut sampai akhir 2019.

Pasar uang telah memotong probabilitas kenaikan suku bunga BoE Desember menjadi sekitar 55%, dibandingkan 62% seminggu yang lalu.

Selain BoE, berita utama politik juga akan menjadi fokus karena investor menyaksikan perkembangan seputar negosiasi yang sedang berlangsung.

Dengan sekitar 50 hari sampai Inggris meninggalkan Uni Eropa, pemerintah belum menyetujui kesepakatan perceraian dengan Brussels, karena partai Konservatif Perdana Menteri Theresa May tetap berpisah tentang seberapa dekat negara itu harus tetap dengan blok.

Leave a Comment

Ryquell Armstead Womens Jersey